Normalisasi Sungai Belutu Tahap 1 Selesai

 Normalisasi Sungai Belutu Tahap 1 Selesai

Sei Rampah – Normalisasi Sungai Belutu tahap 1 oleh Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau forum CSR selesai sudah. Terhitung, normalisasi dilakukan sepanjang 5,3 km.

Hal ini diketahui lewat Rapat Koordinasi dan Monitoring Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang berlangsung di Dusun 1 Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Senin (18/7).

Darwis selaku Ketua Tim Teknis dan perwakilan dari PT Agung Beton merinci pengerjaan dilakukan 2,7 km mulai dari Desa Mangga Dua, 2,5 km di Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin.

“Selain pengerukan kami juga telah memperbaiki tanggul yang jebol di Desa Malasari/Silau Merawan Kecamatan Dolok Masihul dan menormalisasi sungai sekitarnya sekitar 100 meter,” ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa setidaknya untuk mencapai target normalisasi yakni sepanjang 15 km, pihaknya menyebut dibutuhkan strategi pengerjaan agar dapat berjalan maksimal.

“Kemarin kita mulai groundbreaking di bulan April. Targetnya 3,7 km. Alhamdulillah visa melebihi target. Harapannya di tahap 2 nanti bisa berjalan lancar dan partisipasi perusahaan menambah,” ucapnya.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya memberikan apresiasinya atas gotong royong yang dilakukan Forum TJSLP di Sungai Belutu. Menurutnya, gotong rotong yang dilakukan hari ini sangat dirasakan dsmpak baiknya bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu Darma mengaku sudah berkoordinasi dengan perusahaan yan belum ikut dalam tahap 1.

“Ada beberapa perusahaan belum ikut tahap 1, mau ikut tahap 2, kami sudah berjoordinasi dan diarahkan untuk langsung ke forum CSR. Saya bangga dan berterima kasih kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi. Inilah sebenarnya yang diinginkan masyarakat. Dampak penyaluran CSR itu langsung dirasakan,” katanya

Bahkan, lanjutnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengutarakan keinginannya untuk berpartisipasi dengan menyalurkan bantuan berupa alat berat agar pengerjaan bisa semakin maksimal.

“Kemarin setelah panen raya, beliau menanyakan prihal banjir di Sergai. Saya katakan bahwa perusahaan-perusahaan yang ada di Sergai sedang bergotong royong melalui dana CSR untuk melakukan normalisasi Sungai Belutu. Alhamdulillah, respon beliau sangat baik bahkan mau membantu,” ucapnya.

Ia juga menyebut bahwa Forum TJSLP menjadi role model bagi daerah lain berkat keseriusannya membantu Pemda mengatasi permasalahan masyarakat.

Di samping itu, Ketua Forum TJSLP menyebut pihaknya tetap berkomitmen untuk terus melakukan pengerukan Sungai Belutu.

“Tahap 1 ada 20 perusahaan. Semoga tahap 2 bisa lebh banyak. Terimakasih kepada kawan-kawan yang tetap berkomitmen untuk kegiatan sosial ini. Kita harus bekerja sama karena di Sergai kita mengais rezeki dan sudah patut kita bantu apa yang menjadi permasalahan daerah apalagi yang bersentuhan dengan masyarakat langsung,” pungkasnya.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan perusahaan terkait ini juga dirangkai dengan menyusuri Sungai Belutu yang telah mengalami pengerukan. (tri)

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.